Jumat, 18 Mei 2012

Hukum Laju Reaksi dan Orde Reaksi


Laju dekomposisi suatu senyawa, tergantung pada konsentrasinya. Semakin rendah konsentrasinya maka laju akan semakin lambat. Mari kita lihat reaksi umum berikut.
                                                               a A    + b B  →   Produk
dimana A dan B adalah reaktan, dan a dan b adalah koefisien stoikiometrik pada persamaan reaksi yang setimbang. Ketergantungan laju reaksi pada konsentrasi masing masing reaktan diberikan sebuah persamaan yang disebut hukum laju reaksi.  Hukum laju reaksi ditulis dalam bentuk 

dimana k adalah tetapan laju reaksi. Kita secara bebas mengungkapkan laju sebagai laju penguraian A (-∆[A]/ ∆t). Namun kita dapat menyamai persamaan tersebut sebagai laju penguraian dari berbagai reaktan (seperti -∆[B]/ ∆t) atau sebagai laju terbentuknya produk. Pangkat m dan n pada hukum laju reaksi menandakan pengaruh laju terhadap perubahan [A] dan [B] dan tidak berhubungan dengan koefisien a dan b pada oersamaan setimbang. Untuk reaksi yang sederhana, pangkatnya berupa bilangan bulat kecil positif. Untuk reaksi yang lebih kompleks, pangkat dapat bernilai negative, nol atau pecahan.

Nilai pangkat 1 mengartikan bahwa laju reaksi tergantung secara linear pada konsentrasi pada reaktan.. Jika m= 2 dan [A] 2 kali lipat , 4 kali lipat dan laju reaksi bertambah 4 faktor. Gambar menunjukkan seberapa pengaruh laju reaksi terhadap nilai pangkat. Ketika m 0, laju tidak terpengaruh pada konsentrasi, karena . Ketika m negatif, laju menurun sesuai bertambahnya [A]. Sebagai contoh, jika m=-1 dan [A] 2 kali lipat, adalah setengah dan laju menurun 2 faktor.
Nilai pengkat m dan n menentukan orde reaksi dimana jumlah dari pangkat (m + n) diartikan sebagai orde reaksi keseluruhan
m = 2   n = 1 dan m + n = 3 

Misalkan pada A mengalami orde reaksi ke 2 pada B orde reaksi pertama, maka orde reaksi keseluruhanya adalah orde reaksi ketiga. Nilai pangkat dalam hukum laju reaksi dapat ditentukan dengan percobaan,hal itu dapat didapatkan pada stoikiometri reaksi.
 Pada table ditunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara koifisien stoikiometri dengan pangkat dalam hukum laju. Pada reaksi pertama, koefisien dan   pada persamaan yang setimbang, bernilai 1, tapi pangkat hukum laju reaksi adalah 1 untuk dan 0 untuk .
 

0 komentar:

Poskan Komentar